Sat, 23 September 2017

info@batakpride.com

‘Trans Elevated Bus’ di China Mengadakan Uji Coba

- Fri, 05 August 2016 -

TEB

Batakpride.com | Apa strategi China untuk melalui kemacetan? Membangun Bus Transportasi Umum yang bergerak “di atas” kemacetan kendaraan lainnya. Dinamakan “Trans Elevated Bus” (TEB). TEB telah melakukan road-test minggu ini di Jalan Qinhuangdao, provinsi Hebei, China.

Konsep TEB tersebut telah diciptakan untuk mengatasi masalah kemacetan di China. Uji coba tes tersebut dilakukan demi mempelajari keseluruhan sistem TEB tersebut. Ini adalah bus dengan badan yang lebar dan kaki yang tinggi. Saking lebarnya, bus ini bisa berjalan di area jalan raya terluar. Bayangkan saja, panjangnya mencapai 21 meter dan lebarnya mencapai 8 meter.

Penumpang yang bisa diangkut dalam sekali jalan mencapai 300 orang. Saat ini jalurnya baru sepanjang 300 meter saja dan baru ada di Qinhuangdao. Namun akan lebih panjang lagi pada tahun depan, dan bus futuristik ini direncanakan akan meluncur pada bulan Mei tahun depan.

TEB menghemat banyak ruang di jalan raya. Sehingga tidak perlu menambah macet jalan yang sudah macet. Ditambah, bentuknya yang tinggi bisa menyelamatkan penumpang dari kemacetan.

Menurut perusahaan yang memproduksi bus ini, satu Transit Elevated Bus ini bisa mengganti 40 bus konvensional. Namun sampai saat ini masih belum jelas apakah Transit Elevated Bus akan digunakan di banyak kota di China.

Dana untuk membangun TEB  memakan biaya sebesar US$4.5 juta. Dengan dana sebesar itu masih banyak perhitungan apakah dijangka panjang akan memberikan keuntungan lebih daripada metode transport umum yang sudah ada.

  • Share This

Artikel Terkait

Tidak Ada Artikel Terkait

komentar

Follow us on...