Sat, 23 September 2017

info@batakpride.com

The Miracle of Enzyme – Hiromi Shinya, MD

- Tue, 05 April 2016 -

HS

Batakpride.com | Memahami kesehatan daripada memerangi penyakit. Ulasan buku kali ini tidak ada hubungan dengan keBatakan dan sang penulis juga adalah seorang dokter asal Jepang. Namun buku ini mengandung satu bahasa yang dapat dipahami oleh setiap manusia. Bahasa itu adalah : Kesehatan. Hiromi Shinya seorang dokter ahli Gastroenterologis dan pelopor pembedahan menggunakan kolonoskop (pengembang dan perancang teknik tersebut). Kalimat pertama diatas merupakan garis besar dari inti buku tersebut. Dr Hiromi Shinya (selanjutnya disebut HS) mengajarkan kita untuk mencegah penyakit dengan membangun gaya hidup yang kondusif demi kesehatan.

Sebagai salah satu dokter terkemuka dunia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dan lebih dari 300.000 pasien HS percaya betul bahwa “sistem pencernaan’ adalah faktor penentu kesehatan seseorang. “Homeostasis tubuh – yaitu keseimbangan yang dibutuhkan untuk hidup yang sehat.” Untuk mendapat keseimbangan dan memiliki sistem pencernaan yang baik berkaitan langsung dengan judul buku tersebut : Enzim. Keajaiban sang enzim. “Enzim adalah katalis protein yang dibentuk dalam sel makhluk hidup dan diperlukan untuk mempertahankan kehidupan, seperti sintesis dan penguraian, transportasi, ekskresi, detoksifikasi, penyediaan energi, dan regenerasi sel.” Kesehatan kita tergantung dengan bagaimana kita menghemat jumlah enzim yang ada didalam tubuh kita.

Terlepas dari bagaimana menghemat jumlah enzim, yang sangat krusial adalah bagaimana pola diet setiap orang. Asupan makanan dan minuman yang dimasukan ke dalam tubuh tidak sama penguraiannya ketika masuk dalam sistem pencernaan. Yang dingin diajarkan HS ialah bagaimana memilih makanan yang berdampak positif untuk tubuh. Satu penelitian besar yang dilakukan HS adalah perubahan dari diet orang Jepang yang dulunya sering mengonsumsi makanan segar, dan post-1960an dengan masuknya budaya Amerika yang pro daging dan makanan cepat saji. Perubahan diet orang Jepang sebelum dan sesudah tahun 60an menunjukkan perubahan drastis kondisi usus orang Jepang pada saat itu. Penyakit usus dan pencernaan pun meningkat di Jepang. Sebaliknya, orang Amerika mulai lebih concern untuk memusatkan diet yang lebih baik, dan hasilnya “sejak tahun 1990, angka polip dan kanker usus besar di Amerika menurun.”

Berikut sebagian kunci emas Dr. HS untuk hidup sehat:

  1. Memfokuskan diet lebih ke makanan nabati seperti beras cokelat, gandum utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, sayur-sayuran segar dan buah-buahan.
  2. Membatasi makan daging dan kalau bisa lebih banyak memakan ikan.
  3. Hindari produk-produk susu, yoghurt, kopi, lemak jenuh dan minyak.
  4. Kunyahlah makanan 30-50 kali (mengunyah sampai larut mengeluarkan enzim yang bertugas untuk mencerna)
  5. Minum air > makan buah > makan utama (Urutan anjuran HS)

Banyak lagi kunci emas dari HS yang belum diuraikan, tetapi yang paling mendidik adalah cara penyampaian buku tersebut tentang hidup sehat. Bukan hanya dalam lingkup diet dan efeknya ke kesehatan, HS juga menyarankan pembaca untuk memiliki akal yang sehat dan menjalani hidup dengan penuh semangat. “Hidup yang bahagia dan penuh arti adalah cara alami menuju kesehatan manusia. Antusiasme dengan senang hati, dan bukan kepatuhan sempurna terhadap suatu rezim diet, adalah kunci agar keajaiban enzim berhasil bagi anda.” Salam SEHAT.

  • Share This

Artikel Terkait

Tidak Ada Artikel Terkait

komentar

Follow us on...