Sat, 23 September 2017

info@batakpride.com

Peresmian Sekolah Polisi Negara terbesar Indonesia

- Thu, 11 August 2016 -

spnlangkat

Batakpride.com | Kepala Lembaga Pendi­dikan dan Pelatihan (Kalem­diklat) Polri, Komisaris Jen­deral Polisi Drs Syafrudin,  meresmikan sekaligus mem­buka pemakaian SPN Hinai di lapangan Sekolah Polisi Ne­gara Desa Sukajadi Keca­matan Hinai, Ka­bupaten Lang­kat, Sumatera Utara,Rabu (10/8).

Peresmian itu juga dihadiri Kapolda Sumut, Irjen Pol Ra­den Budi Winarso, Gubernur Sumut T. Erry Nuradi, sejum­lah Kepala Daerah di Sumut, FKPD di Sumut, unsur pim­pi­nan TNI/Polri, se­jumlah SKPD dijajaran Pemkab Lang­kat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Komjen Syafrudin menga­takan, pen­didikan Polri me­rupakan suatu proses yang ber­tujuan untuk lebih mening­kat­kan pengetahuan dan ke­tram­pilan serta sikap yang dibutuhkan dalam peme­nuhan tugas-tugas kepolisian, se­hingga keberadaan SPN akan mampu men­cipta­­kan personel Polri yang unggul, memiliki kepribadian yang baik, dan semangat juang yang tinggi.

“Untuk mewujudkan hal itu, perlu ada  teroboson-tero­bosan baru dalam dunia Pen­didikan Polri, salah satunya menjadikan lembaga Pendidi­kan Polri sebagai Centre Of Excellence di bawah naungan Lembaga Pendidikan dan Pe­latihan (Lemdiklat) polri sebagai motor penggerak, ka­renanya, SPN hadir untuk me­wujudkan visi-misi Polri itu,” tegas Syafrudin.

Komjen Syafrudin  berte­rima kasih kepada semua pi­hak yang yang telah memban­tu penyelesaian pembangunan SPN Hinai, hingga bisa dires­mikan dan digunakan untuk kepentingan pendi­dikan putra daerah Sumut.

“Saya bersyukur SPN Hi­nai ini akhir­nya diresmikan, jadi rasanya saya sudah melu­nasi utang saat menjabat seba­gai Wakapoldasu. Memang sudah 10 tahun pembangu­nanya mandeg karena dana­nya memang multiyears, tapi berkat ketekunan Kapoldasu sekarang, akhir­nya bisa terse­lesaikan dan diresmikan seka­rang ini,” ujarnya.

Setelah peresmian ini, lanjut Sya­frudin, kedepan Poldasu khususnya ja­jaran Pol­res se Sumut, bahu mem­bahu membantu penyelesaian SPN Hinai ini, agar pemba­ngunannya rampung 100 per­­sen.

Terbesar

“Kita ketahui Sekolah Po­lisi Negara (SPN) Hinai, men­jadi sekolah polisi terbesar di Indonesia dengan luas 37,8 hektar dan nomor dua setelah Akademi Kepolisian (Akpol) dengan 44 hektar,” katanya.

Setelah diresmikan, kata Kapoldasu, ada 356 calon po­lisi akan mengikuti pendidi­kan dan diklat yang bakal di­tempa di SPN Hinai. Meski belum ram­pung seluruhnya, namun kegiatan pen­didikan polisi itu tetap akan dilaksana­kan seperti halnya di SPN Sam­pali Medan.

Jendral bintang dua ini mengharap­kan kepada selu­ruh peserta didik untuk mengi­kuti aturan dan meningkatkan kedisiplinan saat menjalani pelatihan. “Kepada semua pe­serta didik, harus benar-benar mengikuti setiap tahapan yang dilaksanakan dan meningkat­kan kedisiplinan,” ujarnya.

Gubsu T Erry Nuradi me­nga­takan, keberadaan SPN di Hinai akan membe­ri­kan man­faat tersendiri bagi masyara­kat Langkat sekitar, khusus­nya dari segi ekonomi. “Jadilah sosok panutan di masyara­kat,” pesan Gubernur.

Bupati Langkat H. Ngo­gesa Sitepu SH di sela-sela kegiatan peresmian itu me­nya­takan dukungan­nya terkait ke­majuan SPN di Langkat. “Dukungan untuk kemajuannya akan saya berikan selaku Kepala Daerah di Langkat,”ujar Ngogesa.

Ngogesa menambahkan, kehadiran SPN di Hinai akan banyak memberikan manfaat bagi generasi muda di Sumut, khususnya di Langkat sebut saja me­ngenai mental dan prilaku yang menjadi tujuan awal dari berdirinya SPN di Su­mut, yakni menciptakan mental Bha­yangkara-bha­yangkara sejati yang me­miliki nilai-nilai arif serta dapat menjadi panutan bagi masya­rakat.

Selanjutnya, mengenai du­kungan yang diberikan, Ngo­gesa menjelaskan, sejauh ini Pemkab. Langkat telah mela­kukan upaya seperti hibah la­han seluas 37,8 hektar dan pengaspalan jalan hot­mix menuju lokasi SPN serta di areal lingkungan lokasi SPN.

  • Share This

Artikel Terkait

Tidak Ada Artikel Terkait

komentar

Follow us on...