Sat, 23 September 2017

info@batakpride.com

Kominfo Dukung Tenaga Kerja Muda untuk Sertifikasi Kompetensi Bidang Komunikasi

- Thu, 11 August 2016 -

kominfolitbang

Batakpride.com | Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Basuki Yusuf Iskandar mengatakan bahwa budaya sertifikasi akan menjadi suatu kebutuhan dasar untuk para tenaga kerja (11/08/2016). Ia juga mengatakan bahwa dalam era globalisasi tidak mengenal nama universitas tapi standar keahlian. “Era sekarang sangat menantang tapi Kementerian Kominfo akan terus sejauh mungkin memfasilitasi kegiatan sertifikasi ini” katanya.

Ia berharap kepada 50 peserta yang mengikuti uji kompetensi agar jumlah yang lulus lebih banyak daripada kegiatan uji kompetensi sebelumnya yang diselenggarakan di Jakarta. “Kompetensi Adik-adik yang akan menentukan apakah Indonesia akan mendapatkan keuntungan atau akan mendapatkan kerugian dari sistem liberalisasi ketenagakerjaan” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa dengan mengikuti standar kompetensi tersebut bukanlah sebagai jaminan bagi para peserta mendapat pekerjaan. “Paling tidak persyaratan awal sudah dipenuhi. Kalau kita tidak ekspansi, mereka yang akan masuk ke kita. Bahkan parahnya akan mempersempit lapangan pekerjaan Adik-adik” jelasnya.

Basuki Yusuf Iskandar mengatakan bahwa terkhusus bidang komunikasi yang menggunakan konten TIK yang tinggi seperti yang diujikan pada hari ini (kompetensi Junior Multimedia, Digital Imaging, Video Editing, dan Grafika Komunika) akan terus tumbuh. “Keempat kompetensi itu memang bidang untuk anak-anak muda, bidang-bidang yang menjanjikan dari no body menjadi somebody, contohnya Mark Zuckenberg, Bill Gates” tambahnya.

Kepala Puslitbang Literasi dan Profesi Kominfo Gati Gayatri mengatakan, “Sertifikasi ini dilaksanakan selama empat hari dari 10 Agustus s.d. 13 Agustus 2016, diikuti oleh 50 peserta dengan kualifikasi lulusan D3, D4, dan S1 bidang Komunikasi di kota Surabaya dan sekitarnya”. “Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pusat Litbang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi TIK dan Balai Penelitian dan Pengkajian Komunikasi dan Informatika Surabaya selaku panitia lokal” tambahnya.

“Kita menyadari profesi komunikasi TIK dituntut keahliannya dalam era globalisasi. Kami harap dengan adanya sertifikasi ini, ada faktor plus untuk Adik-adik bekerja di era global” ujarnya. (kominfo)

  • Share This

Artikel Terkait

Tidak Ada Artikel Terkait

komentar

Follow us on...